Senin, 05 April 2010

E-COMMERCE

Electronic Commerce telah ada dalam berbagai bentuk selamal ebih dari 20 tahun. Teknologi yang disebut dengan Electronic Data Interchange (EDI) danElectronic Funds Transfer (EFT) pertamakali diperkenalkanpadaakhirtahun1970-an. Pertumbuhan penggunaan kartu kredit, Automated Teller Machines dan perbankan via telepon ditahun1980-an,juga merupaka nbentuk bentuk Electronic Commerce.

Padawebsite whatis.com terdapat pengertiane-commerce yaitu berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet, khususnya World wide web.

MenurutRobert E. Johnson, III (http://www.cimcor.com), e-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektroni dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.

ELECTRONIC COMMERCE, merupakanl ingkup perdagangan yang dilakukan secara elektronik, dimana didalamnya termasuk:
-Perdaganganvia Internet (Internet Commerce)
-Perdagangan dengan fasilitas Web Internet (Web-Commerce)
-Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktursecara elektronik(Electronic Data Interchange/EDI).

Secara ringkase-commerce mampu menangani masalah berikut:
-OTOMATISASI, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual.(“enterprisere source planning”concept)
-INTEGRASI, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses. (“just in time”concept)
-PUBLIKASI, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan. (“electronic cataloging”concept)
-INTERAKSI, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan
meminimalkan“human error”(“electronic data interchange/EDI”concept)
-TRANSAKSI, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksiyang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran.
(“electronic payment”concept)

KEUNTUNGAN E-COMMERCE

Keuntungan e-commerce bagi konsumen:
•Keuntungan yang terbesar bagi konsumen adalah melakukan bisnis secara online dengan mudah. Seorang pembeli di internet dapat menggunakan komputer pribadinya pagi atau malam selama 7 hari per minggu untuk membeli hampir semua barang. Seorang konsumen tidak perlumengan triditoko atau bahkan meninggalkan rumahnya;
•Beberapa perusahaan e-commerce telah membuat proses ini lebih mudah. Beberapa toko online menyimpan informasi kartu kredit pembelinya diserver mereka, sehingga informasi yang dibutuhkan hanya di masukkan sekali saja. Beberapa bisnis online bahkan tidak mengirimkan produk-produknya ke pelanggan melalui pos, khususnya yang menjual software komputer. Sebagaicontoh: beyon.com mengizinkan para pelanggannya untuk men-download software yang dibelinya langsung ke komputer mereka.
•Pengurangan biaya. Perusahaan yang menjual saham secara online, seperti etrade.com membebankan biaya hanya sekitar$ 10 per perdagangan, yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli saham tersebut melalui perantara saham tradisional
Keuntungane-commerce bagibisnis:
•Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
•e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis di internet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
Secara ringkas keuntungan e-commerce tersebut adalah sebagai berikut:
•Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
•Bagi Pengelola bisnis: efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
•Bagi Manajemen: peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.

sumber:http://www.sentralweb.com/
jbptgunadarma-gdl-course-2004-suryariniw-55-
sim1-eco-e.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls