Sabtu, 20 November 2010
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Grafik Komputer :
suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.
Istilah ”Grafik Komputer”ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter :
pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi.
•Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.
•Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif :
–Masukan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll
–Proses dan Penyimpanan
–Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll
•Sistem interaktif grafik pertama, Sketchpad, ditemukan oleh Ivan Sutherland (1963) di MIT.
Sejarah Perkembangan Komputer Grafik
•Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
•1961: Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer.
•1963 : -ditermukan Sutherland (MIT)
-Sketchpad (manipulasi langsung, CAD)
-Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector)
-Mouse oleh Douglas Englebert
•1968 : ditemukan Evans & Sutherland.
•1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
•1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.
•1971: ditemukan Gouraud Shading,
•1972: ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.
•1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek,Hunger:Keyframe animation and morphing
•1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.
•1977: Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
•1979: Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.
•Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.
•1982: Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel.
•1984: Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star
Fighter.
•1986: Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
•1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
•1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film3D animasi panjang pertama
•Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
•Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
1.Data - Grafik, operator tidak dapat berinteraksi dengan komputer (statis)
2. Diinginkan Interactive Computer Graphic - operator bisa mengendalikan : isi, format, bentuk,ukuran, warna.
3.Sistem interaktif - mensimulasikan real world pada layar komputer.
Berdasarkan cara pandang pada layar :
1.Motion dynamic - objek bergerak,kita sbg pengamat (diam) atau sebaliknya.
ex : flight simulator.
2.Update dynamic - perubahan sifat pada objek (bentuk,warna).
ex : simulasi tabrakan mobil.
PENERAPAN GRAFIKA KOMPUTER
-Computer Aided Design (CAD)
-Presentasi
-Art
-Hiburan
-Pendidikan dan Pelatihan
-Visualisasi
-GUI (Graphical User Interface)
contoh -contoh gambar penerapan grafika komputer
KLASIFIKASI PENERAPAN GRAFIKA KOMPUTER
-Berdasarkan tipe dari objek dan gambar yang dihasilkan
-Berdasarkan interaksi dan derajat pengendalian objek/gambar dalam
layar
-Berdasarkan role of the picture
-Berdasarkan hubungan antara objek dan gambar yang tertampil.
Image Processing vs Computer Graphics
sumber :
mirmayf.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../2+Grafik+Komp-Pendahuluan.pdf
sma1kudus.sch.id/elearning/file.php/1/Tips_n.../02-grafika_komputer.pdf
0 komentar:
Posting Komentar